Pages

Update

Bapak Penemu Blackberry

Sabtu, 11 Juni 2011

Punya BB tapi tak kenal penemunya..suatu hal yang normal. tapi bukankah lebih baik kalau kita punya sedikit tambahan pengetahuan..? Nach, buat anda yang mau tahu lebih jelas, langsung aja disimak..

Kali ini kita akan sedikit mengintip tentang profil sang penemunya..Mike Lazaridis, kira-kira 30 tahun lalu, tidak ada yang mengira Mike Lazaridis akan menjadi salah satu pengusaha kaya dan berpengaruh di dunia. Saat itu, dia memutuskan berhenti dari bangku kuliah. Tetapi kini lewat produk telepon pintar atau smartphone ciptaannya, BlackBerry (BB), dia sanggup membawa perusahaannya, Research In Motion (RIM), sebagai salah satu raksasa telekomunikasi. Kiprahnya kembali diuji karena RIM sedang bersaing ketat dengan Apple Inc.

Pada saat ini, oleh media cetak dan internet, ia dianggap sebagai salah satu orang paling penting dan berpengaruh bagi masyarakat dunia. Alasannya: ia penemu BlackBerry. Bersama dengan berbagai situs jaringan sosial, BlackBerry mampu mengubah pola/kebiasaan komunikasi masyarakat dunia.

Dunia sekarang tengah gemar akan telepon pintar alias smartphone. Produk ini menjadi primadona dalam bisnis telekomunikasi, menggeser peran telepon seluler yang tampaknya telah ketinggalan zaman. Kini, siapa yang tak kenal BlackBerry atau iPhone, dua produk smartphone yang tengah berkompetis untuk merebut hati para konsumennya.

BlackBerry adalah perangkat genggam nirkabel (tanpa kabel) yang memiliki kemampuan telepon selular, ditambah fasilitas e-mail, SMS, faksimili, penjelajah internet, kamera, dan lainnya. BlackBerry - berbekal sistem dan teknologi servernya yang unik - selalu bisa terhubung dengan internet. Jadi, dengan BlackBerrry, Anda bisa berkomunikasi sekaligus menerima/mengirim data dengan mudah...di mana saja!

Namun, mungkin belum banyak yang mengetahui perusahaan yang memproduksi BlackBerry, yaitu Research In Motion Limited (RIM). Apalagi, mengenal orang yang menciptakan sekaligus pendiri RIM, Mike Lazaridis. Padahal, dari tangan warga negara Kanada inilah produk tersebut lahir dan mengubah gaya hidup manusia di tengah zaman globalisasi ini.

Tentunya tak berlebihan pula menyandingkan nama Lazaridis dengan pemilik Microsoft, Bill Gates, pemilik jaringan sosial Facebook, Mark Zuckerberg dan ALuL dE Conan, pemilik Blog Terkeren Seantero Jagat raya pojokalul. Sebab, tangan dingin mereka mampu melahirkan produk baru dalam waktu relatif singkat dan menjadi ikon gaya hidup manusia.

Lazaridis adalah penduduk Waterloo, Kanada. Sebenarnya, nama lengkapnya adalah Mihalis Lazaridis. Namun dia lahir di Istanbul, Turki. Lalu, kedua orangtuanya yang berasal dari Yunani membawa Lazaridis ke Kanada saat usianya lima tahun.

Tahun 1966 Lazaridis tinggal di Windsor, Ontario. Bakatnya mulai tampak sejak dia bersekolah di Windsor. Ia menghabiskan banyak waktunya di perpustakaan.

Umur 12 tahun, Lazaridis mendapat penghargaan Windsor Public Library karena telah melahap semua buku ilmu pengetahuan di perpustakaan itu. Di SMA, minatnya terhadap elektronik terfasilitasi karena bertemu dengan guru-guru hebat. Dalam setiap wawancara, dia selalu merujuk pada guru-guru SMA yang dianggapnya sebagai motivator paling baik. Guru-gurunya di sana jugalah, yang memimpikan bergabungnya fungsi perangkat elektronik (seperti telepon genggam), komputer, dan wireless.

Tahun 1979, Lazaridis memutuskan kuliah di Universitas Waterloo jurusan Electrical Engineering bidang ilmu komputer. Saat menjadi mahasiswa, dia mendapat kontrak 500.000 dollar dari General Motors (GM) untuk membangun display kontrol jaringan komputer. Dari dana kontrak dengan GM itu, ditambah pinjaman 15.000 dollar dari orangtuanya, Lazaridis yang masih mahasiswa mendirikan perusahaan bernama Research in Motion (RIM). Dia keluar dari universitas dua bulan sebelum lulus.

RIM bergerak di bidang teknologi barcode untuk film. Lambat laun, RIM merambah ke wireless dan tahun 1999 memperkenalkan BlackBerry. Aktivitasnya semakin padat dan bakat usahanya kian terasah setelah mendapat kontrak senilai 500.000 dollar AS dari General Motors (GM). Tugasnya adalah membangun display kontrol jaringan komputer di raksasa otomotif itu.

namun satu hal yang patut kita tiru, biarpun sudah sukses, Lazaridis tetap rendah hati dan tidak cepat puas. Ia tetap banyak belajar dan selalu melakukan riset. Maka tidak heran, ia tidak "hanya" menjadi seorang ahli teknologi. Dia juga menguasai manajemen, pemasaran, dan strategi invasi produk ke penjuru dunia! Luar biasa!
 **
Ada sedikit cerita tentang asal mula mengapa teknologi buatannya dinamakan dengan sebutan Blackberry..?
Tahukah kamu kenapa smartphone disebut Blackberry? Karena yang nyiptain Blackberry sangat mencintai Presiden Barry Obram-bram. Wedeew..sampai segitunya ya...Cintanya besar amat kepada mister Barry ya.

Terus, gimana kalau mereka mencintai Presiden negara IJO ROYO ROYO yang bernama Subeye? Ayoo...ada yang tahu jawabnya gak? Kalo bisa menjawab, saya kasih Onde-Onde sepiring guedeee deh. Tapi, ambil sendiri ya di warung Bu Ani..Hi hihi..

Jawabannya : Kalo mereka mencintai Pak Presiden Subeye. Namanya jadi "Blackbeye". wkwkwkwk....
by the way, lain kali akan kita bahas lebih mendalam lagi tentang asal muasal nama Blackberry...jadi tetap di pojokalul yach...pojoknya Om ALuL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukkan Komentar Anda

 

Most Reading

Popular Posts