Pages

Update

Pecahan Rp.1000 dan Rp.10.000 Baru

Jumat, 30 Juli 2010

Tanggal 20 Juli 2010 ini, Bank Indonesia kembali menerbitkan 2 jenis uang baru dengan pecahan nominal Rp.1.000 dengan jenis logam dan Rp.10.000 dengan jenis kertas. berikut adalah gambarnya...


uang logam baru pecahan Rp 1.000 bergambar Garuda Pancasila pada bagian depannya. Sedangkan pada bagian belakang uang ini mengusung simbol-simbol Jawa Barat berupa angklung dengan latar belakang Gedung Sate. Uang tersebut berwarna putih keperakan dan terbuat dari besi/baja yang dilapisi nikel. "Pemilihan gambar angklung sebagai alat musik tradisional merupakan wujud pelestarian kebudayaan nasional. Demikian juga halnya dengan gambar Gedung Sate di Bandung, itu sebagai wujud pelestarian tempat bersejarah dalam kehidupan bangsa Indonesia.

Untuk uang pecahan Rp 1.000 yang baru, selain berbentuk koin yang terbuat dari alumunium, di bagian belakang juga terdapat gambar kesenian angklung. Sebelumnya, pecahan Rp 1.000 juga sempat berbentuk koin dengan warna percampuran emas dan perak. Tapi, kini semua terbuat dari alumunium. Sementara pecahan Rp 10 ribu yang lama hampir mirip dengan pecahan Rp 100 ribu lantaran warnanya sama-sama ungu kemerahan. Namun, kini pecahan Rp 10 ribu berwarna ungu kebiruan. Dengan terbitnya kedua pecahan uang baru itu, maka pecahan lama ditarik dari peredaran. Tetapi, "Uang kertas pecahan Rp 10 ribu desain lama masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran sah sebelum dicabut dan ditarik dari peredaran oleh BI"

1 komentar

  1. boleh lah....
    kalau ada waktu kunjungi saya d tatasima.blogspot.com

    BalasHapus

Masukkan Komentar Anda

 

Most Reading

Popular Posts