Pages

Update

Sing For Absolution

Sabtu, 20 Oktober 2012


Oleh : Fajrul Iman Ibrahim



Sepintas ketika kita membaca judul diatas, tanpa sadar ingatan kita akan membawa kita kepada sebuah lagu yang dibawakan oleh sebuah band besar MUSE. Tak ada salahnya pula kita terbawa pada dalam suasana kunci D minor dan bergerak pada tempo yang lambat yang sukses mengantar kita untuk sedikit rileks dengan beat yang teratur. Bagi personil MUSE sendiri, lagu ini memberikan efek dramatis tersendiri bagi mereka. Lagu ini adalah tentang menemukan pengampunan melalui menyanyi dan MENULIS musik. Namun bagi saya secara pribadi, lagu ini cukup memberi efek menenangkan dalam sebuah perenungan setiap malamnya dan jikalau sedikit mencuri pemaknaan yang diberikan oleh MUSE apabila benar dengan menulis dapat memberikan sensasi pengampunan, maka saya rasa tak ada salahnya kalau saya curahkan sedikit waktu untuk membagi tulisan ini.

Dalam perjalanan hidup sehari-hari kita menemui hamparan kesalahan yang kita perbuat sepanjang hari. Bagi manusia-manusia yang sebaik-baiknya rasanya tak cukup waktu semalaman untuk merenungkan kesalahan hari tersebut. Kita bukan tak sadar bahwa hari esok masih menyimpan banyaknya kesalahan yang secara sadar maupun tak sadar akan kita tebarkan. Namun apakah kita mampu untuk merubah ataupun sekedar meminimalkannya? Renungan diri inilah yang menjadi dasar dari filsafat dan telah ada sejak awal pencatatan sejarah manusia.

Manusia sebagai individu dalam konteks lingkungan sosialnya adalah makhluk monodualis yang keberadaannya tak luput dari rentetan kesalahan. Ketika dalam interaksinya berbeda paham dan pandangan dengan orang lain, secara alamiah individu manusia terbuka terhadap emosi yang besar dalam mempengaruhi keputusan ataupun tingkah laku seseorang.

Pengalaman subyektif dari seorang individu berpusat kepada kesadaran dirinya yang memperbolehkan adanya persepsi eksistensinya sendiri seiring dengan perjalanan waktu. Kesadaran tersebut yang akhirnya mempersepsikan adanya kehendak bebas (Freewill) bagi seorang individu. Hal yang paling terakhir inilah yang mencakup total aspek mental dan emosional individu. Menurut Sigmund Freud dalam Praktek Psikoanalisisnya mengungkap bagian dari alam bawah sadar dan menyusun diri manusia menjadi Ego, Superego, dan Id.

Dalam konteks berorganisasi, timbulnya berbagai ide demi tumbuh dan berkembangnya organisasi adalah sebuah hal yang lumrah terjadi. Namun berbagai benturan-benturan perbedaan pahaman dan pandangan juga merupakan hal yang lumrah dalam perjalanan dinamika manusia-manusia dalam berorganisasi. Perbedaan pengalaman subyektif individu-individu di dalam organisasi menjadi variabel yang dominan dalam berbagai pertentangan-pertentangan ide antar individu menyangkut pengambilan keputusan ataupun kebijakan yang dikeluarkan oleh organisasi. Tentu saja dalam hal ini, ada pihak yang dimenangkan, namun tak sedikit pula pihak yang dikorbankan ataupun tidak terpuaskan.

Benturan demi benturan yang terjadi sepanjang perjalanan waktu bukannya menjadi hal yang membangun, malahan akan memperkeruh suasana dan mempunyai potensi yang merusak apabila terus menerus terjadi pembiaran. Selain renungan diri, dibutuhkan suatu solusi tepat yang bersifat nyata dan terencana dalam mengelola setiap benturan yang terjadi.

Dibutuhkan sebuah Rekayasa Sosial untuk dapat mencapai sebuah perubahan sosial secara terencana. Menurut William Dahl : ”Rekayasa Sosial (Social Engineering) adalah campur tangan gerakan ilmiah dari visi ideal tertentu yang ditujukan untuk mempengaruhi perubahan sosial.” Menurut Dr. Jalaluddin Rakhmat : “Rekayasa sosial terjadi karena terdapat beberapa kesalahan pemikiran manusia dalam memperlakukan masalah sosial yang disebut oleh para ilmuwan dengan sebutan Intellectual cul-de-sac yang menggambarkan kebuntuan berpikir.”

Salah satu bentuk kesalahan pemikiran yang paling popular adalah dogma atau pandangan yang mengemukakan bahwa seorang Pecinta Alam atau Organisasi Pencinta alam tidak usah berpikir hal yang macam-macam (mungkin maksudnya kondisi sosial dan politik) ; seorang pecinta alam atau organisasi pecinta alam hanya perlu mendaki gunung, tak terikat oleh hal-hal yang lain…atau misalnya proses pengambilan Nomor Registrasi Anggota Penuh tak usah dipersulit/diperketat/dan dikait-kaitkan dengan proses yang lain-lain (mungkin hal yang bersifat keilmuan). Saya rasa tak mungkin dalam sebuah organisasi Pencinta Alam kita tidak menemukan pandangan-pandangan klasik seperti itu, sementara sebagai sebuah organisasi; apalagi sebuah organisasi Kader; para kader berhak atas ilmu pengetahuan, informasi, dan sebuah pengalaman yang baru. Itu sudah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk membaginya kepada mereka.

Untuk itu perlu dilakukan sebuah Rekayasa Sosial agar kesalahan-kesalahan berpikir seperti itu dapat diatasi. Rekayasa sosial timbul sebagai akibat adanya sentiment atas kondisi organisasi beserta para anggotanya yang menuntut adanya perubahan. Hal itu dapat dicapai dengan melakukan perombakan paradigma organisasi atas sebuah perubahan. Dalam hal ini Rekayasa Sosial berperan sebagai sebuah gerakan ilmiah untuk menggeser cara pandang organisasi kearah yang benar sesuai dengan visi atau tujuan organisasi. Pada dasarnya pola-pola rekayasa sosial sebagai alat control sosial tidak dimaksudkan untuk mengendalikan anggota organisasi tetapi dengan cara membuka ruang-ruang bagi para anggota organisasi agar dapat beraktualisasi sehingga dapat terlihat dengan jelas peran dari para anggota dalam proses perubahan sosial di dalam sebuah organisasi.

Dan pada akhirnya apabila rekayasa sosial telah berjalan dengan efektif, kiranya dapat menjadi alat pemersatu dalam sebuah organisasi. Tidaklah menafikan tidak terjadinya lagi sebuah perbedaan pendapat melainkan lebih kearah mengontrol ataupun mengelola perbedaan pendapat kearah yang lebih positif dan bersifat membangun Organisasi maupun bagi anggota-anggota di dalamnya.

Lantunan SING FOR ABSOLUTION milik MUSE masih terdengar dalam suasana keseriusan, pelan-pelan saya kecilkan Volume suaranya agar menjadi sayup-sayup. Saya sadar dan paham betul akan efek dari tulisan ini, tetapi apakah saya harus salto dan sambil berteriak WOW gituuu..?? Life Goes On, bagi saya pengampunan datangnya dari diri sendiri dan dari yang MAHA MEMILIKI. Saya menulis untuk lebih merasakan nuansa ataupun sensasi dari pengampunan tersebut. Jika MUSE bernyanyi untuk mendapatkan pengampunan, tak ubahnya saya menulis untuk belajar mengampuni diriku sendiri.

Sayup-sayup lantunan SING FOR ABSOLUTION milik MUSE masih bergema, di sela-sela menuliskan Curhatan ini iseng-iseng buka Timelineku nemuin Kicauan milik seorang teman yang isinya : “Pasangan yang paling harmonis adalah apabila salah satunya pintar dan egois sementara yang satunya pemaaf dan bodoh.” #BatinBergolak RT ngga yach…??

*Wassalam*


Siau Timur, 20 Oktober 2012

Fakta-Fakta Unik Tentang Mario Bross

Senin, 01 Oktober 2012

Siapa yang tidak kenal dengan tukang ledeng berkumis tebal berbaju merah lengkap dengan topi berhuruf 'M' di kepalanya. Ya, semua orang pasti mengenal sosok Mario. Tetapi siapakah yang tahu nama panjang Mario atau fakta-fakta unik lainnya? Bila kamu penasaran dengan fakta-fakta unik di balik sosok Mario, silahkan baca terus artikel yang satu ini.

Asal Mula Mario
Mario pertama kali muncul dalam game Donkey Kong. Pada saat kemunculannya pertama kali Mario belum memiliki nama panggilan, Mario hanya dipanggil dengan nama "Jumpman". Bahkan tadinya Mario dipanggil dengan nama Mr. Video Game di Jepang. Nama Mario diberikan karena karakter Mario sangat mirip dengan pimpinan Nintendo Amerika yang berkebangsaan Italia bernama Mario Seagle. Shigeru Miyamoto sadar betul kalau nama-nama Jepang akan sulit diterima masyarakat umum dan akan mengurangi kepopuleran karakter buatannya di luar Jepang.

Pekerjaan
Mario sebenarnya berprofesi sebagai tukang kayu, bukan tukang ledeng seperti sekarang ini. Percaya atau tidak, pekerjaannya sebagai tukang ledeng tidak pernah dibawa ke dalam game, bahkan pipa ledeng dalam game Super Mario Bros berfungsi sebagai alat transportasi. Keahlian Mario memperbaiki pipa ledeng justru disoroti pada serial animasinya. Mario sebenarnya memiliki beberapa profesi lainnya, seperti dokter dalam game Dr. Mario, Arkeolog dalam game Mario Picross dan pembuat mainan dalam game Mario vs. Donkey Kong 2: March of the Minis. Saat ini Mario sering sekali berganti-ganti pekerjaan mengikuti judul game yang sedang dibintanginya. Terkadang Mario menjadi pebasket, atlit sepak bola dan lain sebagainya.

Penampilan
Shigeru Miyamoto sebagai pencipta Mario memakaikan topi pada karakter Mario karena merasa kesulitan menggambar rambut pada saat itu. Selain itu mulut juga mengalami nasib yang sama, Shigeru lebih memilih memakaikan kumis tebal pada Mario karena lebih mudah digambar dibandingkan harus menggambar mulut. Mario biasanya memakai baju yang merupakan kombinasi antara kaus biru dan overall berwarna merah, tetapi pada game Super Mario Bross, kaus Mario berubah menjadi warna coklat muda. Sampai saat ini tidak ada laporan resmi tentang mengapa Mario harus berganti warna kaus, menurut dugaan beberapa orang penggantian tersebut dimaksudkan untuk membedakan warna baju Mario dengan langit dalam game.

Saudara Kandung
Mario memiliki seorang saudara kandung yang bernama Luigi. Luigi muncul pertama kali pada tahun 1983 dalam game Mario Bros. Pada awalnya Luigi selalu dianggap sebagai adik Mario yang sedikit lebih muda, cerita tersebut diubah pada game Super Mario World 2: Yoshi's Island. Mario dan Luigi digambarkan sebagai anak kembar yang lahir bersamaan, bedanya Mario dinaikkan ke atas burung bangau terlebih dahulu sehingga dianggap lebih tua sekian detik dari Luigi. Mario dan Luigi memiliki nama panjang yang cukup aneh, nama panjang mereka adalah Mario. Mengapa bisa begitu? Karena, Mario dan Luigi selalui dipanggil sebagai Mario Bros/Brothers, penggunaan kata bros atau brothers selalu mengacu pada nama belakang seseorang. Sebagai contoh bila kamu dan adikmu memiliki nama belakang Edison maka kalian berdua bisa dipanggil sebagai Edison brothers atau Edison bersaudara. Melihat fakta tersebut bisa dipastikan kalau nama lengkap Mario adalah Mario Mario dan Luigi Mario.

Pengisi Suara
Mario pernah diisikan suaranya oleh banyak aktor terkenal seperti, Charles Martinet, Mark Graue, Ronald B. Ruben termasuk Peter Cullen sang pengisi suara Optimus Prime di Transformers. Suara Mario yang tinggi dimaksudkan untuk memberikan kesan ceria pada karakter Mario, aksen Itali ditambahkan karena Mario sangat menyukai pasta dan pizza. Masalah aksen sering menimbulkan kesalahpahaman orang tentang asal-usul Mario, menurut sebagian orang Mario berasal dari Italia, padahal dalam gamenya diperlihatkan kalau Mario lahir di kerajaan jamur. Mario juga pernah diperankan oleh aktor sungguhan seperti "Captain" Lou Albano sang pegulat campuran Italia dan Amerika dalam acara The Super Mario Bros Super Show! Di Acara tersebut, Mario lagi-lagi mengalami perubahan aksen, Mario memiliki aksen Brooklyn yang kental lengkap dengan kalimat-kalimat slang. Selain Lou Albano, Mario pernah diperankan oleh aktor Bob Hoskins dalam film Super Mario Bros The Movie. Sayangnya film tersebut tergolong film adaptasi yang gagal di pasaran.

Musuh Abadi
Memang Bowser selalu tampil menjadi musuh utama Mario dalam kebanyakan game, tetapi sesungguhnya Mario memiliki musuh abadi yang memiliki nama Wario. Nama Wario itu sendiri berasal dari gabungan kata "warui" yang artinya tidak baik dan Mario. Berbeda dengan Mario yang diciptakan oleh Shigeru Miyamoto, Wario diciptakan oleh Gunpei Yoko. Wario muncul pertama kali pada tahun 1992 dalam game Super Mario Land 2: 6 Golden Coins sebagai musuh utama sekaligus raja terakhir game tersebut. Sejak saat itu nama Wario mulai dikenal oleh publik dan akhirnya Wario menjadi bintang utama beberapa judul game buatan Nintendo. Biasanya Wario selalu digambarkan sebagai seorang yang egois dan tamak, tetapi biasanya dia melakukan berbagai hal baik untuk mencapai tujuannya. Wario digambarkan sangat berlawanan dengan Mario yang tipikal pahlawan baik hati, bahkan Wario memakai huruf W di topinya berlawanan dengan Mario yang memakai huruf M. Karakter Wario memiliki beberapa fakta unik, pertama-tama tinggi badan Wario selalu berubah-ubah, terkadang Wario digambarkan lebih tinggi dari Mario dan terkadang sebaliknya. Fakta unik lain Wario adalah, Wario memiliki pengisi suara yang sama dengan Mario, Luigi dan Waluigi.

Pasangan Romantis
Banyak orang yang mengira kalau Mario sudah berpasangan dengan tuan puteri Peach dari dulu, padahal cerita tersebut tidak tepat 100%. Mario sempat memiliki kekasih lain dalam game Donkey Kong. Di game tersebut dikisahkan kalau Mario harus menyelamatkan kekasih hatinya yang bernama Pauline dari cengkraman kera raksasa yang jahat. Mario dan Peach baru dipertemukan pada game Super Mario Bros. Banyak yang menyangka kalau puteri yang ada dalam game Donkey Kong merupakan puteri yang sama dalam game Super Mario Bros. Tadinya tuan puteri Peach lebih dikenal sebagai Toadstool, sampai akhirnya pada game Super Mario 64 nama Peach dikenal oleh penggemarnya secara lebih luas. Lalu bagaimana dengan nasib puteri Pauline yang ditinggal Mario? Rupanya Pauline kembali dimunculkan dalam game Mario vs. Donkey Kong 2: March of the Minis.

Kekuatan Mario
Mario memiliki beragam kekuatan yang terus bertambah sampai sekarang. Mario biasanya memiliki tiga buah kekuatan dasar seperti, Jamur untuk membesar, bunga api untuk membuat Mario menembakkan api dan bintang yang membuat Mario tidak bisa dilukai oleh serangan apapun. Kekuatan Mario lainnya terkadang mengambil wujud binatang seperti pakaian kodok, daun cerepelai dan wortel kelinci. Setiap ada serial baru biasanya Mario memperoleh kekuatan baru, seperti dalam game New Super Mario Bros, Mario mendapatkan dua jamur tipe baru, yang pertama bernama jamur raksaksa yang membuat Mario berubah menjadi besar sekali dan yang kedua adalah jamur mini yang menyebabkan Mario menciut menjadi kecil sehingga cukup ringan untuk berjalan di atas air. Mario terkadang bisa memanfaatkan benda-benda yang ada di sekitarnya untuk dijadikan senjata, sebagai contoh dalam Super Mario Bros 2 Mario bisa mengangkat tanaman yang ada di dalam tanah untuk dilemparkan ke arah musuh.

Musik Dalam Mario
Musik yang dimiliki oleh game-game yang dibintangi oleh Mario memang bermacam-macam, tetapi ada sebuah musik yang selalu diingat orang sampai sekarang, musik yang dimaksud adalah Super Mario Bros Theme besutan Koji Kondo. Dalam kultur modern musik tersebut telah menginspirasi jutaan penggemar Mario di seluruh dunia.Sudah tidak terhitung berapa kali lagu tersebut dimainkan oleh penggemarnya dengan beragam versi dan variasi. Ada yang diaransemen ulang, ada yang dimainkan dengan dua gitar sekaligus bahkan ada yang acapela. Banyak orang yang mendapatkan popularitas karena memainkan lagu Super Mario Bros Theme, seperti Zack Kim yang memainkan lagu tersebut memakai dua gitar sekaligus di YouTube, videonya telah ditonton oleh 18 juta orang lebih. Jean Baudin yang memakai bass dengan 11 senar, videonya di YouTube telah ditonton 4 juta orang. Greg Patillo memakai flute untuk memainkan lagu tersebut, videonya telah ditonton 12 juta orang. Kalau lagu tersebut sangat populer di mata dunia dan menginspirasi jutaan orang, lalu bagaimana dengan nasib sang kreator musik tersebut? Bakat langka Koji Kondo untuk membuat musik yang sangat catchy, ternyata malah menjadi bumerang bagi beliau. Sebagai pemusik Koji Kondo ingin sekali bisa berganti-ganti aliran musik sesuka hati, tetapi hal tersebut kerap sekali diprotes oleh penggemarnya. Di mata penggemarnya, lagu-lagu ciptaan Konji Kondo haruslah catchy, bernuansa ceria dan memiliki nada-nada yang mirip sirkus. Padahal pria kelahiran Nagoya 48 tahun yang lalu ini, ingin sekali bereksperimen dengan gaya bermusik yang lain.

Ketenaran Mario
Karakter Mario telah muncul dalam 200 judul game yang telah terjual kurang lebih 193 juta kopi di seluruh dunia. Kepopuleran Mario tidak berhenti sampai situ saja, Mario memiliki acara TV sendiri, animasi, komik dan film layar lebar. Bahkan pemain NHL, Mario Lemieux dipanggil oleh media dengan julukan "Super Mario". Julukan Super Mario sempat hinggap pada atlit-atlit lainnya seperti pembalab sepeda profesional Mario Cipolini dan pesepak bola Jerman Mario Basler. Ketenaran Mario jauh mengalahkan Cloud dari Final Fantasy VII atau Solid Snake dari serial Metal Gear. Mario masuk ke dalam Walk of Game pada tahun 2005 bersama-sama dengan, Link, Sonic dan Master Chief selain itu Mario juga memiliki patung lilinnya sendiri di Hollywood Wax Museum. Bahkan ada sebuah nama jalan di Swedia yang didedikasikan langsung untuk Mario bernama "Mario's Gata 21" yang berarti Jalan Mario 21. Mario sampai sekarang masih memegang tujuh rekor Guinness termasuk di antaranya, game yang memiliki jumlah penjualan terbanyak sepanjang waktu dan game pertama yang diadaptasi ke dalam film. Yang cukup mengejutkan menurut hasil survei Marketing Evaluations pada tahun 1990, ternyata ketenaran Mario mampu mengalahkan ikon Amerika Mickey Mouse.
 

Most Reading

Popular Posts